Mari Membuang Sampah Pada Tempatnya!

Mari Membuang Sampah Pada Tempatnya!


Apa itu sampah? Kita pasti sudah tidak asing dengan benda satu ini. Sampah itu adalah material yang dibuang sebagai sisa dari hasil produksi industri maupun rumah tangga. Ada juga defenisi  lainnya, sampah itu benda-benda yang sudah tidak terpakai oleh makhluk hidup dan dibuang.

Lalu bagaimana sikap masyarakat dalam menanggulangi  sampah?

Banyak yang membuang sampah sembarangan, bahkan sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Kenapa dikatakan tradisi? Karena memang sering terlihat banyak sekali warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Terkadang tempat sampah sudah tersedia, tetapi masyarakat seolah-olah tidak melihatnya dan membuang sampah tersebut di mana-mana. 

Masyarakat yang membuang sampah sembarangan tidak mengenal usia, jenis kelamin dan status pekerjaan. Baik itu dari kalangan remaja, kalangan orang tua,  bahkan anak-anak pun sering membuang sampah sembarangan. 

Kebiasaan membuang sampah dilakukan oleh masyarakat secara terang-terangan di depan umum tanpa rasa malu dan bersalah sedikit pun. Mereka yang membuang sampah sembarangan itu tidak memikirkan bagaimana jika orang lain yang melihat perbuatannya. Di sisi lain, kadang juga yang menyaksikan pembuangan sampah sembarangan tidak menegur. Dari ketidakpedulian tersebut telah menjadikan aktivitas membuang sampah itu sulit dihentikan dan perlahan menjadi kebiasaan.

Tumpukan sampah yang menggenang di sungai tersebut sebenarnya bisa mengakibatkan banjir. Banyak masyarakat yang mengeluh atas banjir yang terjadi, bahkan mereka menyalahkan pemerintah yang tidak benar mengurusi masalah banjir. Padahal tanpa mereka sadari penyebab banjir yang terjadi akibat perbuatan mereka sendiri yang membuang sampah sembarangan ke sungai. 

Seluruh masyarakat menginginkan dan mendambakan lingkungan hidup mereka sehat dan bersih. Namun, semua itu sepertinya hanya mimpi saja. Tentu saja itu semua hanya mimpi, karena dari masyarakatnya sendiri pun tidak pernah mau menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal sendiri.

Jika ada lingkungan yang tidak bersih dan sering adanya banjir masyarakat menyalahkan pemerintah. Apakah semua hal tersebut patut sepenuhnya disalahkan kepada pemerintah?

Kita juga sama-sama tahu, pemerintah juga sering memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. 

Sepertinya untuk mengatasi kebiasaan masyarakat tersebut, pemerintah harus melakukan sosialiasi yang rutin. Masyarakat harus belajar untuk tidak membuang sampah sembarangan di tempat manapun, baik itu di lingkungan rumah, kantor, sekolah, bahkan di Sungai. 

Masyarakat jangan asal menyalahkan pemerintah atas sampah yang menumpuk, lingkungan yang tidak bersih dan banjir yang sering terjadi. Namun, masyarakat harus memikirkan bagaimana cara mengubah agar diri mereka sadar akan perbuatan mereka selama ini, dan memulai untuk menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan lagi. 

Masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama untuk menjaga lingkungan serta tidak membuang sampah sembarangan lagi. Pemerintah membantu dalam menyediakan tong sampah untuk setiap daerah, sementara masyarakat membantu pemerintah dalam menjaga lingkungan sekitar dari sampah dengan melakukan daur ulang sampah menjadi suatu produk kreativitas. Kalau sampah organik bisa dijadikan kompos, sedangkan yang anorganik dijadikan kerajinan atau lainnya. 

Sekarang ini banyak ibu-ibu rumah tangga yang bisa mendaur ulang sampah menjadi barang seperti tas dan hiasan rumah atau lainnya. Daur ulang tersebut pasti bisa berguna untuk mengurangi sampah yang menumpuk. 

Semoga dengan kerja sama seperti itu akan mewujudkan lingkungan yang bersih tanpa sampah. Marilah kita memulai untuk membuang sampah pada tempatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Adonis (berhenti mencintaiku dalam diam)

Review Burn Your Bridges